Psikologi dan Ilmu Alamiah Dasar, Apakah Saling Berhubungan?


Laurensia Putri
13517284
1PA07
-

Apa itu Psikologi?
Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikolog. Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok. Selain itu, mereka juga mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku. Ditinjau dari segi ilmu bahasa, kata psikologi berasal dari psyche yang diartikan jiwa dan perkataan logos yang berarti ilmu atau ilmu pengetahuan. Karena itu, perkataan psikologi sering diartikan atau diterjemahkan sebagai ilmu pengetahuan'tentang jiwa atau disingkat dengan ilmu jiwa.

Mempelajari psikologi harus dilakukan dari sudut ilmu sebagai suatu science atau sebagai suatu ilmu. Hal ini juga dikemukakan oleh Sartain dkk (1967: 3), "Kebanyakan orang saat ini menganggap ilmu psikologi sebagai sebuah sains".

Psikologi sebagai suatu ilmu, tidak lepas dari segi perkembangan dari psikologi itu sendiri serta ilmu-ilmu yang lain. Dari waktu ke waktu psikologi sebagai suatu ilmu akan mengalami perkembangan, sesuai dengan perkembangan keadaan. Oleh karena itu, psikologi sebagai suatu ilmu mempunyai sejarah tersendiri, hingga merupakan psikologi dalam bentuk yang sekarang ini. Dari pemikiran para ahli yang mungkin sating mempunyai pandangan yang berbeda akan memacu perkembangan dari psikologi itu.

Karena yang mengadakan pendekatan dalam penyelidikan itu adalah manusia, yang mempunyai sifat-sifat yang sama dan juga mempunyai sifat-sifat berbeda, maka para ahli dalam mengadakan peninjauan terhadap objek atau masalah besar kemungkinannya akan terdapat perbedaan pula. Perbedaan dalam segi pandangan itulah yang akan membawa perbedaan dalam segi orientasi terhadap masalah yang dihadapi. lnilah yang menyebabkan adanya perbedaan segi pandangan dari seorang ahli dengan ahli-ahli yang lain.

Apa itu Ilmu Alamiah Dasar?
Ilmu Alamiah Dasar jika dipenggal berasal dari tiga suku kata. Ilmu artinya bagian dari ilmu pengetahuan manusia. Alamiah artinya terjadi dengan sendirinya dan dasar artinya permulaan suatu bentuk.  Ilmu Alamiah Dasar atau disebut ilmu pengetahuan alam (natural science), merupakan ilmu yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta dan di muka bumi, sehingga terbentuk suatu konsep dan prinsip. Menurut Prof Dr. Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar :
1.      Ilmu Alamiah (Natural Science)
Ilmu-ilmu alamaiah yang bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang ada di alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya yaitu dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis  akan digeneralisasikan., lalu muncul lah prediksi. Hasil penelitian dapat 100% benar atau 100% salah.
  1. Ilmu Sosial (Social Science)
Ilmu yang bertujuan untuk mengkaji tentang keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia.  Metode yang digunakan adalah metodeh ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu alamiah. Hasil penelitian tidak bisa mencapai 100% benar, tapi hanya mendekati 100%. Hal trsebut terjadi karena keteraturan dalam hubungan antarmanusia dapat berubah-rubah.
  1. Pengetahuan Budaya (The humanities)
Ilmu ini bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan yang bersifat  manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, lalu diberi arti.

Ilmu Alamiah Dasar merupakan sebuah ilmu yang mengkaji tentang gejala alam semesta, termasuk yang terjadi di muka bumi ini. Ilmu Alamiah Dasar dapat juga di katakan sebagai konsep awal terbentuknya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan semua turunannya, seperti Biologi, Fisika, dan Kimia. IAD bersifat relatif dan dapat berubah sesuai dengan kemajuan peradaban manusia. Menurut Abdulah Aly dan Eny Rahmah (2006:V) “ Ilmu Alamiah Dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan teknologi”. Sehingga terbentuklah sebuah konsep dan prinsip.

Ilmu alamiah dasar ini berfokus pada mengenali dan mencari tahu tentang kejadian-kejadian yang ada di semesta termasuk bumi dan seisinya. Tentu tujuan dari ilmu ini yaitu membentuk konsep dan prinsip. Dan ilmu ini mempelajari tentang konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang bersifat esensial. Terutama mendalami tentang dasar-dasar ataupun karakteristik manusia.

Mengapa kita harus mempelajari Ilmu Alamiah Dasar?
Karena dengan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar, kita semakin memahami gejala-gejala alam dan penyebabnya. Dengan demikian kita akan menjadi lebih bijak dalam memanfaatkan alam demi kehidupan yang lebih baik, tanpa harus merusak dan mengeksploitasi alam itu sendiri. 

Apa hubungan antara Psikologi dengan Ilmu Alamiah Dasar?
Psikologi mempelajari tentang perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah., baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Perilaku tersebut berupa perilaku yang tampak maupun tidak tampak, perilaku yang disadari maupun yang tidak disadari. Hal ini sangat berkaitan dengan Ilmu Almiah Dasar dalam membentuk perilaku, manusia, menentukan norma-norma, hubungan antar sesama makhluk hidup dan juga sama-sama mempelajari tentang pola seseorang dan sekitarnya. Seperti yang telah dikemukakan oleh Harsya Bactiar, bahwa ilmu pengetahuan dikelompokan menjadi tiga bagian. Maka dalam menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan yang ada di alam semesta, hubungan antar manusia dan pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan harus dilengkapi dengan pendekatan psikologi agar dalam menentukan dan mempelajari ilmu pengetahuan tersebut, tidak bertentangan dengan perilaku dan hokum yang ada di suatu masyarakat. Karena Ilmu Alamiah Dasar mempelajari manusia, Psikologi pun mempelajari tentang manusia, jadi saling berkaitan. Contohnya Ilmu Alamiah Dasar mempelajari matematika yang salah satu pembahasannya adalah statistika, pelajaran ini dibutuhkan dalam ilmu psikologi terutama dalam menghitung perbandingan dari hasil subyek yang diteliti. Sehingga dengan mudah peneliti bisa mengetahui hasil yang telah ia teliti.

Sumber :

Comments

Popular Posts