Bijak dalam Menggunakan Internet
Pada zaman modern seperti sekarang
ini, proses globalisasi marak terjadi karena adanya teknologi yang telah maju.
Dalam hal teknologi informasi, kita pasti sangat akrab dengan yang namanya ‘Internet’,
tapi seringkali kita temui dalam masyakarat atau bahkan diri kita sendiri
melakukan berbagai tindakan yang tidak semestinya di lakukan dalam menggunakan
internet. Lantas, apa saja dan bagaimana etika dalam menggunakan internet?
Simak beberapa poin yang ada di bawah ini :
1.
Tidak
Mempublikasikan Eksploitasi Anak Dibawah Umur
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvFVsVW66ZKous1UY7K0VFV0vOdZiMpYlZ2RwzzkEKfd8gY0rebGoh6hi3JpsMpSbbuEwLCAe6yj8eLQOQFD0OYdbVYEVLF7Hv7nai0rpCJep1sY6VX6l0CSPqrtnjvl3hJlr8HLsSpwg/s320/Tool-untuk-Mengelola-Media-Sosial.jpg)
Sebetulnya, hal
ini tidak hanya berlaku untuk pengguna internet saja, di dunia nyata pun
walaupun tidak dipublikasi di internet tetap saja tidak boleh apa lagi di
publikasikan di internet, tidak hanya 1 anak yang menjadi korban tapi bisa saja
anak-anak lain yang ikut menonton /melihat hal seperti ini mendapatkan dampak
negatifnya. Hal ini bisa berkaitan dengan seksualitas, seperti kasus yang
sedang ramai sebelumnya yaitu pencabulan terhadap anak dibawah umur atau
seorang ayah yang memaksa anaknya untuk memenuhi nafsu birahinya.
2.
Tidak
Mempublikasikan Ajakan Melawan Hukum
Beberapa orang awam
yang menggunakan internet untuk mempublikasikan ajakan untuk melawan hukum,
menurut saya orang seperti ini adalah orang yang tidak mencintai negaranya.
Kamu pernah melakukan itu ? Oke, STOP ! Jangan lakukan lagi. Ajakan melawan
hukum sudah terlalu banyak di dunia nyata, jangan ditambah lagi lewat internet.
Bukan apa-apa, kalo orang awam yang membaca ajakan tersebut dan mungkin
pikirannya sedang kosong lalu menyetujui ajakan itu. tentu bisa berbahaya untuk
semua pihak dan mungkin akan bertambah banyak lagi orang yang senang melawan
hukum.
3.
Tidak
Mempublikasikan Infromasi SARA
Sepertinya bagian
ini sudah diketahui oleh semua orang, karena pada dasarnya ini berdasarkan dari
hati nurani. Pengguna internet dilarang mempublikasikan sebuah informasi yang
berisi negatif terhadap suatu suku/ras/agama/antar golongan (SARA), termasuk
didalamnya pelecehan, penyiksaan, serta pelanggaran hak terhadap perorangan/kelompok.
Kasus ini masih
sering terjadi di internet karena pengguna internet yang tidak membawa hati
nuraninya ke dunia maya, misalnya menjelekkan suatu agama, kelompok, suku, atau
bahkan jika digabungkan dengan poin sebelumnya jadi “mengajak melawan hukum
demi melecehkan suatu suku”.
4.
Hak
Cipta
Ini yang kadang disepelekan
oleh banyak orang termasuk saya sendiri pasti pernah melakukan ini, menggunakan
karya orang lain tanpa meminta izin pembuatnya. Pada beberapa karya yang bisa
digunakan di internet seperti gambar, video, script, program, tulisan, animasi,
suara atau hal serupa lainnya ada saja yang memiliki lisensi yang mana tidak
dapat digunakan semaunya tapi harus ada izin atau biaya untuk menggunakannya.
Dari poin ini, kita diajarkan untuk menghargai suatu karya yang telah dibuat
susah payah oleh orang lain.
5.
Pornografi
& Nudisme
Tidak kalah
pentingnya, poin ini melarang pengguna internet untuk mempublikasikan informasi
yang berbau pornografi dan nudisme. Sebetulnya tidak dipublikasikan di
internetpun sudah tidak boleh ya apa lagi dipublikasikan, tidak hanya merusak
satu dua orang anak bangsa tapi jutaan anak bangsa yang bahkan anak dibawah
umur jika melihat informasi seperti ini akan terpengaruh.
Setelah kita ketahui etika dalam
menggunakan internet, bagaimana dampak positif dan negatif penggunaan internet
bagi masyarakat?
Dampak
Positif
- Media Sumber Informasi
Adanya internet
mempermudah masyarakat untuk mencari informasi yang dibutuhkan dan mencakup
segala bidang dalam kehidupan. Sobat komputer dapat menggalih informasi secara
cepat dan akurat tanpa dibatasi tempat dan waktu.
- Media Komunikasi
Dampak positif penggunaan
internet yang satu ini, cukup banyak dirasakan oleh kita sekarang ini. Pengguna
dapat melakukan interaksi dengan pengguna lain dengan cukup mudah dengan
jangkauan yang cukup luas.
- Media Pertukaran Data
Beberapa layanan internet
dapat sobat gunakan untuk melakukan pertukaran data dengan mudah dan cepat,
seperti email, FTP, Newsgroup, sosial media dan lain sebagainya.
- Media Bisnis
Banyak sekali dari
pembisnis yang sekarang memanfaatkan internet untuk menunjang kelancaran bisnis
mereka, karena internet menawarkan kemudahan dalam mempromosikan serta
melakukan transaksi bisnis.
- Media Pendidikan
Dampak positif internet
juga dapat dirasakan dalam dunia pendidikan, hal ini dibuktikan dengan
banyaknya situs – situs yang menyedikan fitur pembelajaran secara online,
sehingga kegiatan pendidikan dapat berjalan tampa perlu melakukan tatap muka
langsung.
Dampak
Negatif
- Penipuan
Dampak negatif pengguna
Internet yang satu ini cukup banyak terjadi, hal ini dapat terjadi karena
kemudahan dalam bertransaksi tanpa adanya tatap muka antara kedua belah pihak.
Sobat komputer perlu berhati – hati dalam melakukan transaksi secara online.
dan alangkah baiknya untuk mempelajari lebih jeli situs – situs yang
menyebarkan informasi berkaitan dengan transaksi online. Pilihkan situs – situs
yang terpercaya apabila sobat ingin membeli produk – produk secara online.
- Pornografi
Dengan adanya kemudahan
menyebarkan informasi melalui internet, hal yang berbau pornografi juga mudah
sekali untuk tersebar. Hal ini sangat berbahaya sekali apabila anak – anak yang
belum cukup umur juga dapat mengaksesnya. Untuk itu perlu pendampingan khusus
bagi anak – anak dalam menggunakan internet.
- Pencurian
Dampak negatif internet
yang satu ini juga marak sekali terjadi, dewasa ini pencurian tidak hanya bisa
dilakukan di dunia nyata, di internet pencurian juga banyak sekali terjadi.
Biasanya pencurian di internet menyasar pemilik kartu kredit dan pemilik data –
data penting. Istilah untuk pencurian di internet sendiri ada beberapa macam
diantaranya Carding (membobol kartu kredit orang lain), Cracking (membobol
sistem keamanan komputer milik orang lain), dan Hacking (membobol sistem jaringan
komputer milik orang lain).
- Perjudian
Dampak negatif penggunaan
internet yang satu ini juga tidak bisa dihindari, dengan kemudahan dalam
berinteraksi dan berkomunikasi, dunia perjudian juga semakin meluas. Para
penjudi tidak perlu pergi ke tempat – tempat khusus untuk memenuhi
keinginannya.
- Berkurangnya Sifat Sosial
Dengan maraknya pengguna
internet menimbulkan dampak negatif penggunaan internet bagi masyarakat yang
satu ini. Banyak dari kita sekarang ini lebih suka berhubungan dengan
menggunakan internet dari pada bertemu secara langsung. Dari adanya perubahan
sifat sosial tersebut mengakibatkan berubahnya pola berinteraksi dikalangan
masyarakat.
- Kecanduan
Dampak negatif internet
yang satu ini juga tidak bisa terelakan, apalagi sekarang ini telah banyak
sekali media sosial, game online serta media hiburan yang tersedia di Internet.
Seseorang bisa sampai lupa waktu menikmati layanan internet utamanya yang berhubungan
dengan hiburan dan game.
Kementrian
Komunikasi dan Informasi mengemukakan bahwa masyarakat Indonesia lebih banyak
menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Media sosial merupakan
sebagai aplikasi online yang memungkinkan para penggunanya untuk saling
berinteraksi, berpartisipasi, berkolaborasi, dan berbagi informasi. Merujuk
pada Kaplan dan Hainlein, terdapat 6 (enam) jenis media sosial, yaitu :
- Proyek kolaborasi
Website yang memungkinkan pengguna untuk merubah,
menambah, maupun menghapus konten, misalnya : Wikipedia
- Blog dan Microblog
Website atau aplikasi yang memberkan kebebasan bagi
pengguna untuk berkreasi dan mengungkapkan pendapat, saran, maupun kritik.
Sebagai contoh: website pribadi/ organisasi.
- Konten
Aplikasi yang memberi kesempatan para pengguna untuk
berbagi konten. Contohnya: youtube
- Jejaring sosial
Aplikasi yang memungkinkan pengguna saling terhubung
dan berinteraksi secara virtual, saling berbagi informasi, foto, maupun video.
Contoh: Facebook, Instagram, Path, Whatsapp dan Telegram.
- Virtual game World
Aplikasi yang mereplikasikan lingkungan secara tiga
dimensi dan memungkinkan berinteraksi dengan pengguna game lainnya, contoh:
berbagai game online.
- Virtual Social World
Aplikasi semacan virtual game namun pada lingkungan
yang sosial yang lebih luas, contohnya : secondlife.
Di
Indonesia, media sosial berupa jejaring sosial berkembang sangat masif menjadi
sumber informasi yang paling banyak diakses oleh masyarakat. Realita yang terjadi,
informasi apapun sangat cepat menjadi viral dalam sekejap saja. Dengan satu
klik dan share akan langsung menyebar secara masif.
Kita
sangat sering menjumpai pada media sosial kita sendiri, tiap waktu berdatangan
informasi baik yang positif dan memotivasi, maupun yang mengkritik, menghasut,
dan menyudutkan salah satu pihak, bahkan kerap kali bernuansa SARA. Sangat
sedikit pengguna yang mengetahui apakah informasi yang diterima dan kemudian
dibagikan tersebut merupakan fakta dan realita ataukah justru informasi palsu
yang menyesatkan (hoax). Meskipun demikian, cukup banyak pengguna yang
menganggap informasi tersebut benar dan langsung membagikannya kepada yang
lain. Situasi yang demikian terjadi berulang-ulang, dari satu pengguna ke
pengguna lain, bahkan banyak pula yang hanya membaca judulnya yang menarik,
menggelitik, unik, dan bombastis tanpa membaca keseluruhan konten untuk
selanjutnya diklik dan share.
Jadi dalam berkomunikasi atau
menggunakan internet dan atau sosial media, kita diharapkan untuk lebih arif
dan bijak, karena segala informasi yang kita dapatkan belum tentu semua benar.
Demi menjaga kedamaian bangsa kita, Indonesia, lebih kritis lagi dalam
menggunakan sosial media serta lebih bijak dalam menggunakan internet.
Sumber :
https://www.google.com/amp/s/www.posciety.com/kode-etik-untuk-para-pengguna-internet/amp/
https://www.google.com/amp/s/www.utopicomputers.com/amp/dampak-positif-dan-negatif-penggunaan-internet-bagi-masyarakat
https://kulonprogokab.go.id/v3/portal/index.php/web/view_berita/4586/Fenomena-Media-Sosial-Dalam-Penyebaran-Informasi
Oleh
Laurensia Putri
13517284
2PA06
Comments
Post a Comment